Cara Memilih Bibit Vanili Terbaik

bibit vanili
Penanaman vanili menggunakan bibit stek panjang 1 meter. 


Perbanyakan tanaman vanili bisa dilakukan secara generatif maupun secara vegetatif. Secara generatif, tanaman vanili bisa diperbanyak menggunakan biji yang berasal dari polong buahnya. Biji vanili memiliki ukuran yang kecil seperti bubuk, sehingga banyak orang yang juga menyebutnya dengan istilah "spora". Namun tidak merujuk pada spora jamur. 

Jika hendak menyemai biji vanili sebaiknya mengambil dari buah vanili yang sudah tua dan telah dikeringkan terlebih dahulu. Media semai bisa menggunakan tanah yang mengandung banyak humus, atau bisa mencampur tanah dengan pupuk kompos. Perbanyakan vanili dengan menyemai biji bisa mendapatkan bibit dalam jumlah banyak dengan biaya yang sedikit. Namun cara ini tidak jamak dilakukan, alasannya menyemai biji vanili membutuhkan waktu yang terlalu lama.

Sementara perbanyakan secara vegetatif bisa dilakukan dengan menggunakan stek batang atau stek sulur tanaman vanili. Perbanyakan vegetatif juga bisa dilakukan dengan teknik kultur jaringan, tetapi cara ini tidak banyak dipilih karena teknik kultur jaringan membutuhkan ketelitian, peralatan yang memadai dan memakan waktu lama. Kultur jaringan vanili biasanya dipilih untuk rekayasa genetik tanaman, sehingga bisa menghasilkan bibit tanaman vanili yang memiliki kualitas lebih baik.

Dari pilihan perbanyakan tanaman vanili yang bisa dilakukan, baik secara generatif maupun secara vegetatif, petani atau pembudidaya vanili umumnya memilih perbanyakan menggunakan stek batang. Cara tersebut dianggap lebih mudah dilakukan dan lebih cepat dalam penyiapan bibit tanaman vanili. Stek tanaman vanili bisa dilakukan dengan dua pilihan, yang pertama adalah dengan stek pendek, dan yang kedua adalah dengan stek panjang.

Stek Pendek Vanili

Stek pendek pada tanaman vanili dilakukan dengan memotong batang atau sulur tanaman vanili dengan mengambil hanya 2 atau 3 ruas batang saja. Dari 2 atau 3 ruas batang yang disiapkan, satu ruas bagian paling bawah dihilangkan daunnya dan semua akar angin yang ada pada batang dihilangkan. Kemudian stek disimpan di tempat yang teduh atau dianginkan agar luka bekas potongan mengering, biasanya sekitar 4-5 hari.

Setelah luka bekas potongan kering, stek bisa ditanam langsung pada media tanam yang telah disiapkan. Sebagian petani juga ada yang memilih menanam stek pendek pada media polybag terlebih dahulu. Setelah tumbuh tunas dan akar, stek baru ditanam pada media budi daya. Stek di media polybag juga banyak dipilih oleh para penangkar yang menjual bibit vanili.

Stek pendek banyak dipilih oleh para petani karena bisa menghemat modal dalam penyediaan bibit vanili. Namun, stek pendek memiliki beberapa kekurangan. Di antaranya, tunas yang tumbuh dari stek vanili pendek biasanya berukuran kecil dan pertumbuhannya lambat. Hal ini terjadi karena akar yang disiapkan untuk tumbuh di media tanam hanya berasal dari satu ruas saja. Serapan nutrisi dari media menjadi terbatas dan berpengaruh pada pertumbuhan tunas barunya.

Dengan tumbuhnya batang yang kecil dan lambat, bibit vanili dari stek pendek membutuhkan perawatan yang lebih untuk memaksimalkan pertumbuhannya. Jika tidak dilakukan perawatan intensif, maka akan makan waktu lama sampai tanaman vanili mencapai masa produktifnya. Agar batang tunas yang tumbuh bisa membesar, sebagian petani biasanya melakukan perlakuan dengan memotong tunas setiap tumbuh 5 daun. Hal ini dilakukan secara terus menerus sampai mendapatkan besar batang vanili yang dianggap ideal.

Stek Panjang Vanili

Stek panjang vanili merupakan metode perbanyakan dan penyiapan bibit vanili yang paling direkomendasikan oleh para petani vanili yang sudah berpengalaman. Stek panjang dilakukan dengan memotong batang atau sulur vanili dengan panjang minimal 1 meter atau memiliki 8 ruas batang. Dari 8 ruas batang yang disiapkan, 3 ruas batang paling bawah dihilangkan daunnya dan semua akar angin pada batang juga dihilangkan. Kemudian stek disimpan di tempat yang teduh atau dianginkan selama 4-5 hari.

Penanaman stek panjang biasanya dilakukan dengan menanam langsung pada media tanam budi daya yang telah disiapkan. Penanaman dilakukan dengan menempelkan bagian ruas batang yang ada daunnya pada media rambat atau tajar. Kemudian, penanaman dilakukan dengan menaruh bagian 3 ruas batang (yang telah dihilangkan daunnya) di atas media tanam, lalu menutupinya dengan bahan-bahan organik. Bahan organik yang digunakan untuk menutupi ruas batang yang ditanam bisa menggunakan sabut kelapa, cocopeat, arang sekam, kayu lapuk, kompos daun atau bahan organik lainnya.

Penanaman vanili menggunakan stek panjang telah terbukti lebih optimal pertumbuhan tanamannya dan bisa mencapai masa produktif yang lebih cepat. Hal tersebut bisa terjadi karena akar yang tumbuh lebih banyak berasal dari 3 ruas yang ditanam. Serapan nutrisi yang lebih banyak dan kandungan nutrisi yang ada dalam batang juga lebih banyak, mampu mendorong pertumbuhan tunas baru yang lebih besar. Tunas baru yang besar ini biasanya juga akan diikuti dengan pertumbuhan yang lebih cepat.

Baik stek pendek maupun stek panjang vanili, sebaiknya diambil dari batang atau sulur tanaman vanili yang belum pernah berbuah dan memiliki pertumbuhan yang aktif. Selain itu perlu memerhatikan juga kesehatan tanaman, besar batang sulur dan kebersihan dalam proses penyiapan stek.

Sebagian petani ada juga yang menggunakan sulur yang pernah berbuah sebagai stek untuk bibit. Namun hal ini dilakukan sebagai bentuk pemanfaatan sulur, daripada harus terbuang percuma saat melakukan pemangkasan untuk pembaruan percabangan setelah pembuahan.

bibit vanili
Cara penanaman vanili menggunakan stek panjang 1 meter.


Kesimpulan

Menanam vanili menggunakan stek pendek atau stek panjang merupakan pilihan yang bisa ditentukan dengan melakukan beberapa pertimbangan. Salah satunya adalah terkait ketersediaan sulur sebagai bibit atau modal yang dimiliki untuk pembelian sulur. Namun sebagai sebuah bentuk investasi yang harapannya berkembang dengan baik, penanaman awal vanili sebaiknya menggunakan stek sulur panjang dengan ukuran 1 meter atau memiliki 8 ruas. Sehingga pertumbuhan tanaman vanili bisa lebih optimal dan bisa mencapai masa produktif yang lebih cepat.

@petanivanilla


Komentar